doc. koleksi pribadi (jemarijerami.blogspot.com)

Hai Sobat semua, sudah lama tidak membuat sebuah tulisan di blog ini, mungkin karena efek libur lebaran ya. Sebelumnya saya ucapkan Selamat Lebaran, bagi yang merayakan.

Pada tulisan kali ini saya akan mengulas tentang sebuah buku. Tertarik dengan judulnya cukup menggelitik, membuat saya memutuskan membeli untuk dibaca, sampai akhirnya muncul pikiran bagaimana kalau diulas.

'Sejarah Gaib Tanah Jawa', buku karangan C.W. Leadbeater ini mengungkapkan sebuah gambaran pengalaman hidup si pengarang selama tinggal di pulau Jawa.

Dikarang jauh sebelum Indonesia merdeka, sebab Leadbeater masa hidupnya saja di tahun (1854 s/d 1934). Tentu menyoal pola hidup dan adat istiadat penduduk tanah Jawa di era tersebut.

Buku ini memang tidak membahas detail dan gamblang perihal sistem kemasyarakatan ataupun pola pemerintahan -baik yang berkaitan dengan pemerintah Hindia Belanda, maupun pemerintahan kerajaan lokal. Melainkan lebih kepada antropologis dan lebih banyak kisah 'abstraktif' dari Mistis itu sendiri.

Kenapa saya gunakan kata 'abstraktif', sebab hal-hal yang berkaitan dengan mistis tidak ada kajian ilmiahnya. Ditambah lagi buku ini memang menyoal pengalaman si pengarang ditambah dugaan-dugaan ada keterkaitan tanah Jawa dan mitos kota Atlantis yang hilang.

Buku terbitan tahun 2015 oleh Daras Books yang beralamatkan di Condet ini mencoba mengaitkan antara misteri Pulau Jawa, misteri kota Atlantis, invasi bangsa Arya, Pusat Magnetis, dan Borobudur. Dibuka dengan kalimat "Sejarah awal Pulau Jawa seolah terbungkus oleh misteri." (hlm.9), membuat saya cukup penasaran -paradigma apa- yang coba disampaikan pengarang.

Tetapi si pengarang terkesan cukup 'berani' dalam menulis. Sebab, dari awal sampai akhir sama sekali tidak ditemukan kutipan dari sumber lain. Hal ini mungkin karena pola sistem penulisan pada masa itu tidak terlalu ketat dalam penekanan kevaliditasan ataukah statusnya sebagai seorang terkemuka sehingga C.W. Leadbeater cukup percaya diri dari apa yang ia tulis. Bukan kapasitas saya dalam menjastifikasi mengenai itu.

Dalam bukunya, Leadbeater secara tidak langsung menganggap bahwa tanah Jawa ini memang merupakan tanah di mana kota Atlantis berada. Dalam hal ini dia menyebut penduduk asli Jawa merupakan keturunan langsung Aji Saka (utusan dari kerajaan Vaivasvata dengan rajanya bernama Ring Ranishka di wilayah Barat Laut India) yang merupakan ras bangsa Arya.

Tanah Jawa, dari perspektifnya, merupakan tempat tinggal ras raksasa yang diyakini oleh Leadbeater merupakan penduduk asli Atlantis yang ahli sihir hitam Atlantis. Aji Saka merupakan Hero (pahlawan) yang diutus untuk menumpas ras jahat tersebut. Begitu yang diceritakan.

Bagaimana bisa dihubungkan dengan candi Borobudur dan keadaan geografis tanah Jawa yang merupakan jalur vulkanik alami (pusat magnetis, Leadbeater menyebutnya)? Saya tidak akan menjelaskan lebih lagi.

Mengenai profil pengarang, Leadbeater merupakan seorang teosofis terkemuka pada masanya. Ia merupakan seorang pastor Gereja Inggris yang tertarik dengan spiritualisme dan teosofisme.

Detail tentang isi bukunya tidak perlu saya paparkan lebih banyak lagi. Biar memberi rasa penasaran bagi yang ingin segera membaca.

Namun kembali lagi, saya hanya ingin memberi varian baru dalam wawasan pemahaman. Percaya atau tidaknya, ditanggapi serius atau tidaknya, semua keputusan ada di pembaca, sehingga jadi pembaca yang bijak.

Identitas buku:
Judul: Sejarah Gaib Tanah Jawa (The Occult History of Java)
Pengarang: C.W. Leadbeater
Cetakan I, Maret 2015
Penerbit: Daras Books
ISBN: 978-979-1208-72-7
Anggota IKAPI

Source:
Leadbeater, C.W.; Sejarah Gaib Tanah Jawa. 2015. Jakarta: Daras Books.